-->

Era Digital Sebagai Surga Dunianya Milenial | Part 2



(Erwan Gidalty's Original Writing)

Era Digital pada masa kini berkaitan erat dengan Revolusi Industri 4.0 dimana teknologi seperti kecerdasan buatan (Artificial Inteligent atau Internet of Thinks) kendaraan otonom dan internet saling memengaruhi kehidupan manusia.
Di era digital ini, teknologi bahkan menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang. Smartphone, Ipad, Gadget, Personal Komputer, Internet dan berbagai teknologi lainnya menjadi hal wajib yang musti dimiliki terutama bagi generasi milenial sebagai gaya hidup mereka.

Generasi milenial yang lahir pada waktu teknologi berkembang pesat ini, begitu diuntungkan dengan keberadaan ekonomi yang kian membaik serta berbagai kemudahan positif akibat kemajuan teknologi. Beberapa aspek penting yang dinikmati milenial dari kemajuan teknologi, yaitu:
  • Komunikasi
Perkembangan teknologi mengakibatkan orang dari setiap belahan dunia dapat saling berkomunikasi dalam hitungan detik. Media sosial memainkan peranan yang penting di sini. Aplikasi seperti Facebook, Whatsapp, Messenger, Twiter, Youtube, Instagram, dan banyak lainnya membantu orang mengenal dunia luar dengan sangat mudah. Lain halnya pada waktu teknologi belum berkembang, orang hanya bisa berkomunikasi dengan surat melalui pos, telepon umum yang terbatas bahkan dengan burung merpati. Ini merupakan suatu keuntungan bagi milenial yang memudahkan mereka berkomunikasi dengan banyak orang lebih mudah.
  • Informasi
Informasi adalah hal penting yang perlu diketahui setiap manusia. Berita, tren, gaya hidup, politik, kejadian penting, dan informasi lainnya diperoleh dengan orang kapanpun. Dengan bantuan mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan lainnya yang kian pesat bahkan hanya dengan berbicara kepada asisten pribadi google, bixby milik samsung, siri milik Apple dan lainnya, kita akan mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat. 
  • Pendidikan
Pendidikan adalah pilar penting bagi manusia. Dengan teknologi yang kian mumpuni, milenial dapat belajar secara mandiri dengan sumber dan wawasan yang lebih terbuka, luas dan menyeluruh. Sebelum adanya teknologi, orang hanya dapat belajar melalui buku, guru dan berbagai hal lainnya yang terbatas. Pada masa kini e-book, literasi online, majalah elektronik dan berbagai sumber pendidikan lainnya yang bisa di dapat dengan mudah melalui internet.
  • Bisnis
Berbisnis tidak perlu memerlukan waktu yang lama dan terbatas oleh jarak. Pada masa kini orang dapat berdagang produk dan berbelanja kebutuhan dengan mudah. Orang bisa membuat website untuk memasarkan produknya dan mempromisikannya melalui media sosial. Dengan ini setiap milenial bisa berbisnis dan menjangkau semua kalangan dengan tepat sasaran. 
  • Kehidupan Sehari-hari   
Tidak hanya beberapa hal di atas, teknologi juga menjangkau kehidupan sehari-hari. Seperti dalam berbelanja orang tidak perlu ke toko atau pasar dengan bersusah payah, namun dengan adanya online shopping seperti tokopedia, shoppie, buka lapak dan lainnya, membantu orang dapat berbelanja semua hal yang diinginkan dengan mudah. Dalam hal transportasi, gojek, grab serta lainnya begitu berkontribusi untuk memudahkan transportasi masyarakat masa kini.

Generasi milenial sendiri memiliki banyak sekali peluang dalam pemanfaatan Era Digital untuk mendapatkan Uang Saku tambahan atau dengan pekerjaan profesional yang dapat menghasilkan banyak pemasukan bagi milenial dengan memiliki skil atau kreativitas dalam memanfaatkan teknologi.



Di Era Digitalisasi ini ada beberapa Hobby yang diminati oleh Milenial, yang dapat dimanfaatkan sebagai suatu bidang pekerjaan baru yang bahkan penghasilannya  dapat melebihi orang yang bekerja di kantor dan sebagainya, yaitu : 

1. Youtuber

Youtuber adalah orang yang membuat konten berupa video dan mengupload di platform Youtube. Youtuber sangat identik dengan salah satu bidang pekerjaan milenial masa kini. Tidak jarang penghasilan yang ditawarkan oleh Youtube kepada setiap Konten Creator sangat fantastis.
Cara untuk milenial mendapatkan uang dari Youtube sangatlah mudah. Hanya dengan membuat sebuah video yang menarik dan kreatif kemudian menguploadnya ke youtube dan tinggal menunggu uang masuk ke rekening dari tayangan iklan yang dipasang youtube di setiap video yang kita upload. Selain itu, dari channel youtube  yang dimiliki juga bisa menjalin kerjasama dengan sponsor untuk mempromosikan produknya dan membayar si pemilik channel. 

Memang syarat untuk mendapatkan uang dari youtube cukup sulit, yaitu dengan memiliki 1000 Subscriber atau pelanggan dan 4000 jam di tonton pada channel kita serta mematuhi pedoman komunitas Youtube tentang Hak Cipta, konten yang original, bebas dari Pornografi, kata-kata kotor dan berbagai hal lainnya.


Namun beberapa milenial dapat dengan mudah menghasilkan uang dari youtube dengan membuat Konten Vlog, Gamer, Tutorial, Musik, Berita dan lainnya hingga mendapatkan penonton dan subscriber hingga jutaan. Dengan demikian Milenial dapat menghasilkan Ratusan Juta bahkan Miliaran Rupiah Setiap bulannya dari Youtube. 
Beberapa Youtuber Yang Terkenal dan Memiliki Penghasilan Yang Tinggi Seperti : PewDiePie dengan 96 Juta Subscriber dan 21 Miliar videonya ditonton (28 Mei 2019), di Indonesia " Atta Halilintar dengan 15 Juta lebih Subscriber dan 1 miliar lebih video ditonton dan masih banyak lagi beberapa youtuber generasi Milenial terkenal yang kreatif dan memiliki penghasilan yang luar biasa.

2. Blogger


Blogger adalah orang bekerja sebagai penulis yang memposting tulisannya di blog, wordpress atau website serupa lainnya. Seorang milenial yang punya kemampuan sebagai jurnalistik dan penulis yang kreatif, dapat memanfaatkan peluang ini untuk menghasilkan pindi-pundi uang. Prinsipnya hampir sama dengan Youtuber hanya di blog kita mengkombinasikan antara tulisan dengan video maupun gambar. Tulisan dapat berupa berita, cerita, kejadian, tutorial, gosip, teknologi, life style dan lain sebagainya. 
Seorang blogger mendapatkan penghasilan dari google Adsense melalui setiap iklan yang dipasang pada tulisan yang diposting. Melalui blog atau website yang dimiliki juga dapat menjadi sarana mempromosikan bisnis atau produk yang dapat dijual ke setiap pengunjung. Ini merupakan salah satu bidang pekerjaan yang cukup menjanjikan dimana dapat menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta rupiah perbulan dari blog yang dimiliki.  

3. Selebgram


Selebgram adalah orang yang memanfaatkan media sosial pribadinya seperti Instagram, Twiter, Facebook, dan lainnya untuk mempromosikan produk-produk tertentu dan mendapatkan bayaran dari produk yang dipromosikan tersebut. Salah satu syarat untuk menjadi selebgram adalah memiliki pengikut yang cukup banyak di media sosial. Hal ini bisa dilakukan oleh milenial yang kreatif dan memiliki pengaruh dikalangan milenial. Salah satu contoh adalah Selebgram Alfy Saga & Fatma yang terkenal di Instagram karena membuat video pendek tentang romantis dan selalu mempromosikan produk tertentu di setiap videonya.

4. Dropshipper

Dropshipper adalah cara berdagang masa kini secara online dimana milenial tidak perlu memproduksi barang yang dijual. Bagi milenial yang suka dengan dunia bisnis, hal ini perlu dicoba. Kita hanya perlu bermodalkan laptop, smartphone dan internet kemudian memperkenalkan suatu produk dari online shopping kepada pengikut kita di media sosial dan mendapatkan penghasilan tambahan dari hasil penjualan produk tersebut.


Masih banyak lagi bidak pekerjaan Era Digital yang dapat dimanfaatkan dan ditanggapi secara positif oleh orang tua, masyarakat dan milenial dengan menggunakannya secara tepat. Teknologi akan menjadi ancaman bila disalahgunakan, tetapi akan menjadi berkah bila secara bijak, kreatif dan cerdas dalam menggunakannya.

Terima kasih sudah membaca. 
Baca Juga Generasi Milenial Era Digital Part 3. 

2 Responses to "Era Digital Sebagai Surga Dunianya Milenial | Part 2"

  1. Era Digital Sebagai Surga Dunianya Milenial >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Era Digital Sebagai Surga Dunianya Milenial >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Era Digital Sebagai Surga Dunianya Milenial >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK 6L

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel