-->

ALASAN LAPTOP TIBA-TIBA MATI SENDIRI & CARA MENGATASINYA


Pada kemajuan teknologi yang semakin pesat ini, laptop atau komputer jinjing sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang dalam membantu mobilitas pekerjaan, hiburan maupun edukasi.
Pentingnya laptop juga tidak terlepas dari berbagai persoalan yang dapat ditimbulkan bila laptop tidak dapat berfungsi dengan baik. Salah satunya ialah laptop yang tiba-tiba mati sendiri.

Oleh karenanya, pada artikel ini saya akan membahas secara singkat tentang alasan laptop tiba-tiba mati sendiri & cara mengatasinya.

1. Pasta Processor Kering/Habis

Pasta processor merupakan suatu komponen yang berfungsi untuk mengantarkan suhu dingin dari kipas pendingin ke processor. Pasta processor mengontrol suhu yang sewktu-waktu dapat meningkat pada processor bila mendapat tugas yang berat.
Sehingga apabila pasta processor menjadi kering/habis, hal ini dapat mengakibatkan suhu panas yang berlebihan dan tidak dapat dikontrol dan efeknya ialah komputer akan mati secara tiba-tiba.

Solusi : Memeriksa pasta processor dan menggantinya bila sudah kering/habis. Pasta processor  biasanya berada di atas lempengan processor laptop.

2. RAM Eror
 
RAM (random access memory)adalah perangkat keras pada komputer yang memiliki fungsi yang cukup vital. Tanpa RAM, komputer tidak dapat berfungsi. RAM menyimpan setiap aplikasi yang dijalankan pada komputer. Oleh karena itu, bila RAM eror, maka secara otomatis komputer akan mati secara tiba-tiba.

Solusi : Bersihkan RAM dengan Penghapus pensil dengan perlahan. Gosok kuningan RAM dengan penghapus agar membersihkan RAM dari kotoran atau gesekan.

3. OS Bermasalah

System Operasi pada komputer terkadang memiliki masalah/eror yang disebabkan oleh berbagai hal. Sehingga, bila demikian komputer bisa saja tiba-tiba mati sendiri.

Solusi : Repair system operasi komputer atau bila perlu install ulang komputer dengan windows yang lebih fresh.

4. Debu Pada Kipas Pendingin Processor

Laptop yang jarang dibersihkan biasanya akan penuh dengan debu. Debu yang terdapat pada kipas pendingin processor akan menyumbat udara dingin yang dihasilkan oleh kipas untuk dihantarkan ke processor. Akibatnya, processor akan mudah panas dan dapat mati sendiri secara tiba-tiba.

Solusi : Bersihkan laptop secara rutin terutama pada bagian kipas pendingin processor. Simpan dan gunakan laptop pada tempat yang bersih dan terhindar dari debu dan kotoran.

5. Baterai Tiba-tiba Rusak

Baterai dapat rusak karena beberapa faktor. Seperti yang sudah pernah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, bila baterai rusak secara tiba-tiba, laptop juga akan mati secara tiba-tiba.

Solusi : Baterai laptop perlu dijaga dengan baik. Gunakan laptop dekat dengan colokan charger agar dapat terus di gunakan dengan charger bila baterai tidak dapat berfungsi.

6. Mainboard Pensiun
Mainboard terus memiliki perkembangan dan update. Mainboard yang sudah usang pada laptop rentan terjadinya kerusakan dan eror. Dalam hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal.

Solusi : Merawat laptop dengan baik. Jangan memaksa menginstal system operasi yang tidak compatible dengan mainboard atau perangkat keras laptop.

7. Terlalu Hot

Suhu yang terlalu panas pada laptop akibat tugas yang berat seperti bermain game, dekat dengan sumber panas atau yang lainnya bisa saja membuat laptop mati sendiri.

Solusi : Simpan laptop di tempat yang jauh dari sumber panas. Jangan memaksa laptop dengan tugas yang melebihi kemampuan hardware. Kontrol suhu laptop dengan kipas tambahan.

Penutup
Demikian artikel saya tentang ALASAN LAPTOP TIBA-TIBA MATI SENDIRI & CARA MENGATASINYA.
Semoga bermanfaat dan membantu anda.
Baca juga artikel menarik saya lainnya dari blog ini.
Kunjungi channel youtube saya agar mendapat informasi menarik lainnya.

2 Responses to "ALASAN LAPTOP TIBA-TIBA MATI SENDIRI & CARA MENGATASINYA"

  1. Alasan Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri And Cara Mengatasinya - Egtutorial >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Alasan Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri And Cara Mengatasinya - Egtutorial >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Alasan Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri And Cara Mengatasinya - Egtutorial >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK Eq

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel